Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan TKPK Kota Padang Tahun 2020

  • 28 September 2020
  • 212 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan TKPK Kota Padang Tahun 2020

    Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Padang Tahun 2020 dilakukan melalui Video converence , Rapat yang dibuka oleh Bapak Wakil Walikota Padang diikuti oleh : Seluruh SKPD yang termasuk dalam keanggotaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Padang, LKAAM, Bundo Kanduang, BAZNAS Kota Padang, PKK, Forum Kota Sehat, Camat dan lembaga/Instansi terkait lainnya.

    Dalam Sambutan bapak Wakil Walikota memaparkan Penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 yaitu “Pembangunan Ekonomi Inklusif Berbasis Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas, Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan”.

     Ditahun 2019 angka kemiskinan Kota Padang 4,48%. Angka ini sudah melebihi dari yang ditargetkan RPJMD yaitu 4,68%. Tapi ditahun 2020 ini dengan adanya pandemi covid-19 ini, menjadi tantangan bagi kita dalam menanggulangi kemiskinan.

    Masyarakat Miskin/Rumah Tangga Miskin (RTM) sudah dipetakan menjadi 3 klaster yaitu :

    1. Masyarakat miskin di daerah pesisir
    2. Masyarakat miskin di daerah pertanian
    3. Masyarakat miskin di daerah perkotaan

    Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan atau TKPK sebagai wadah yang menaungi seluruh stakeholder yang terkait secara langsung atau tidak langsung dalam penanggulangan kemiskinan baik yang berasal dari pemerintah daerah, instansi vertikal, lembaga sosial kemasyarakatan, dan dunia usaha, dengan tujuan agar penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan terintegrasi, terpadu dan sistematis dengan melibatkan banyak pelaku dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pelaksanaan program.