Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Kelurahan Untuk Tahun 2019

  • 31 Juli 2018
  • 244 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Kelurahan Untuk Tahun 2019

    rakorbang pauh

    Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) yang dilaksanakan sejak tanggal 17 – 29 Januari 2018 pada 104 kelurahan di Kota Padang telah terselenggara dengan baik. Rakorbang ini merupakan salah satu mekanisme yang digunakan Pemerintah Kota Padang untuk menjaring aspirasi masyarakat guna perencanaan pembangunan Daerah Kota Padang untuk Tahun 2019 nanti. Sebelumnya, Rakorbang ini dinamakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kelurahan. Sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, tidak diatur lagi mengenai Musrenbang tingkat Kelurahan, sehingga mekanisme penjaringan aspirasi tetap berjalan maka diadakanlah Rakorbang tingkat kelurahan. Tujuan perubahan ini adalah efisiensi anggaran, sehingga kegiatan yang bersifat seremonial bisa diminimalisir.

    Pada Rakorbang Tingkat Kelurahan ini, perangkat daerah melaksanakan rapat untuk menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas RT/RW menjadi kegiatan prioritas tingkat kelurahan. Usulan rencana kegiatan Kelurahan menjadi prioritas tingkat Kecamatan, dan usulan rencana kegiatan yang akan diusulkan melalui musrenbang Kecamatan untuk menjadi prioritas SKPD.

    Setiap Kelurahan mengusulkan kegiatan prioritas sebanyak 2 (dua) kali jumlah RW. Usulan yang sudah disepakati untuk menjadi prioritas Kecamatan dan prioritas SKPD diinputkan ke dalam e-planning menggunakan username dan password Kelurahan oleh petugas Kelurahan.