Menggali permasalahan dan isu strategis melalui FGD untuk penyusunan dokumen KLHS RPJMD Kota Padang 2019-2023

  • 09 November 2018
  • 230 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • Menggali permasalahan dan isu strategis melalui FGD untuk penyusunan dokumen KLHS RPJMD Kota Padang 2019-2023

    KLHS merupakan salah satu instrumen yang mampu memberikan rekomendasi dengan fokus utama mengintegrasikan pertimbangan lingkungan pada tingkat pengambilan keputusan yang bersifat strategis yakni pada arah kebijakan, rencana dan program pembangunan daerah. Aspek dalam pembangunan berkelanjutan bukan hanya terbatas dalam aspek lingkungan hidup namun juga dalam aspek sosial, ekonomi, hukum dan tata kelola.  Hal ini disampaikan oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SIP dalam sambutannya membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Oktober 2018 di Pangeran Beach Hotel.

    Walikota Padang juga menekankan beberapa hal terkait peneapan pembangunan berkelanjutan dengan upaya untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup, keselamatan, serta kemampuan, kesejahteraan dan kualitas hidup manusia yang dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya hayati yang tidak melebihi kemampuan regenerasinya, dan atau memanfaatkan sumber daya non  hayati  yang tidak melebihi  laju  inovasi substitusinya; memanfaatkan sumber daya alam saat ini dengan tidak mengorbankan kebutuhan generasi yang akan datang; serta memanfaatkan sumber daya yang belum diketahui dampaknya secara hati-hati dan didukung oleh penelitian ilmiah yang memadai.

    Acara FGD dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Tim Ahli Penyusunan KLHS RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2023, Bapak DR. Ardinis Arbain yang menjelaskan mengenai beberapa hal terkait KLHS sebagai sebuah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

    Dasar hukum dari penyusunan KLHS adalah Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dengan 17 prinsip pembangunan berkelanjutan yang kemudian dilaksanakan konsultasi publik untuk menjaring isu-isu strategis dalam penyusunan KLHS RPJMD Kota Padang tahun 2019-2023 dan dilaksanakan penandatanganan berita acara hasil konsultasi publik oleh perwakilan peserta FGD.

    Proses KLHS diharapkan mampu memberikan perumusan alternatif penyempurnaan penyusunan rancangan awal RPJMD, dimana prinsip-prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau lebih dikenal dengan nama Sustainable Development Goals (SDG’s) telah diintegrasikan dalam strategi pembangunan Kota Padang lima tahun kedepan.