Kota Padang ikut serta dalam Innovative Goverment Award melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah

  • 30 Oktober 2018
  • 133 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • Kota Padang ikut serta dalam Innovative Goverment Award melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah

    Innovative Goverment Award merupakan penghargaan yang diberikan Kemendagri dalam rangka mendukung Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Pada tahun lalu Kota Padang belum terlibat dalam Innovative Goverment Award 2017, untuk itu diharapkan pada Tahun 2018 Pemerintah Kota Padang dapat bersaing dengan Pemda lainnya.

    Pemerintah Kota Padang telah mempunyai banyak sekali inovasi dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan. Namun Inovasi tersebut belum terdokumentasi dengan baik, karena pengumpulan inovasi ini adalah inovasi yang telah dilaksanakan minimal 2 tahun anggaran, artinya jika inovasi tersebut telah dilaksanakan desember 2017 maka  dapat dimasukkan menjadi inovasi yang ada di pemda.

    Kegiatan yang berlangsung pada 24 Oktober 2018 bertempat di Ruang Rapat Abu Bakar Ja’ar Balaikota Padang ini berbeda dengan Laboratorium Inovasi, karena pada  Laboratorium Inovasi fungsinya melahirkan inovasi untuk memecahkan permasalahan atau kendala yang ada di OPD. Artinya Laboratorium Inovasi adalah rencana inovasi yang akan dilaksanakan kedepan. Sedangkan kegiatan ini adalah inovasi yang telah berjalan sebelumnya. Dalam hal ini, mekaniseme Indeks Inovasi adalah penjaringan, pengukuran, presentasi, validasi, dan pemberian penghargaan Innovative Government Award.

    Pada tahun 2018 ini diharapkan seluruh OPD dapat berkerjasama dalam menginputkan data ke dalam indeks inovasi daerah sesuai batas waktu yang telah ditentukan sehingga Kota Padang dapat bersaing dalam dalam Innovative Goverment Award 2018 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri