KECAMATAN SE KOTA PADANG GELAR MUSRENBANG 2020

  • 27 Februari 2019
  • 117 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • KECAMATAN SE KOTA PADANG GELAR MUSRENBANG 2020

    Acara yang digelar pada tanggal 11-14 Februari ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang harus dilewati dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang merupakan lanjutan dari Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Kelurahan. Perangkat Kecamatan melaksanakan Musrenbang RKPD Kota di Kecamatan untuk menyepakati kegiatan prioritas tingkat Kecamatan dan kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke Perangkat Daerah melalui Musrenbang RKPD Kota. Jumlah usulan Kecamatan adalah 2 (dua) kali jumlah kelurahan. Yang hadir dalam Musrenbang ini antara lain Lurah, delegasi Kelurahan, pimpinan dan anggota DPRD kota asal daerah pemilihan kecamatan bersangkutan, perwakilan perangkat daerah, tokoh masyarakat, keterwakilan perepuan dan kelompok masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya skala kecamatan. Narasumber berperan menyampaikan kebijakan dan program pembangunan Kota Padang Tahun 2020. Narasumber musrenbang kecamatan dapat terdiri dari Perwakilan DPRD, Camat, Bappeda, Perwakilan Perangkat Daerah dan unsur lain yang diperlukan.

    Untuk usulan program dan kegiatan tahun 2020 diarahkan untuk menyukseskan program Walikota yang baru terpilih, mengacu pada Teknokratik RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2023 yang sudah disusun oleh Bappeda Kota Padang. Visi yang diusung oleh Walikota dan Walikota Periode 2019-2023 adalah “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul, serta berdaya saing”. Ada 5 misi yang akan dilakukan, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif, inovatif dan berdaya saing; mewujudkan Kota Padang yang unggul, aman, bersih, tertib, bersahabat dan menghargai kearifan lokal; meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang yang inklusif; mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif, meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan;  menciptakan masyarakat sadar, peduli dan tangguh bencana; dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang prima.

    Pada tahun 2020, tema pembangunan Kota Padang yang akan diangkat adalah “Penyediaan fasilitas dan peningkatan kualitas sarana prasarana pembangunan Kota serta sumber daya manusia yang berkualitas.

    Dalam sambutannya pada Musrenbang Kecamatan Padang Utara pada hari Senin, 5 Februari 2019, Walikota Padang menyatakan bahwa pelaksanaan musrenbang rkpd tingkat kecamatan tahun ini merupakan pelaksanaan terakhir dari periode rpjmd 2014-2019, dan sebagai forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan. Diharapkan dalam musrenbang ini akan diperoleh masukan dan kesepakatan mengenai kegiatan pembangunan baik untuk wilayah kecamatan maupun untuk kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke tingkat kota. sangat dibutuhkan kecerdasan, kearifan, keseriusan dan fokus kita dalam menyusun prioritas tersebut, dengan melakukan analisis terhadap kondisi, potensi dan permasalahan serta kebutuhan masyarakat dalam wilayah kecamatan padang utara ini.

    Usulan pembangunan hasil musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan dapat diakomodir melalui Renja Kecamatan pada kegiatan stimulan kecamatan, yakni sebesar 1 Milyar per Kecamatan dengan peruntukan penyelenggaraan musrenbang RKPD tingkat Kecamatan, pelaksanaan pekerjaan sarana dan prasarana Kecamatan dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat Kecamatan.

    Kegiatan musrenbang kecamatan ini diakhiri dengan adanya kesepakatan hasil musrenbang yang dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani bersama oleh utusan stakeholders.