Bappeda Padang Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024

  • 18 Juni 2019
  • 41 Kali Dilihat
  • Super Administrator
  • Bappeda Padang Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024

    Dengan telah dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota terpilih pada tanggal 13 Mei 2019, maka sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 pada pasal 47  menyatakan bahwa penyusunan RPJMD dimulai sejak Kepala Daerah dan Wakil kepala daerah terpilih dilantik. Selanjutnya  rancangan awal RPJMD tersebut dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik.

    Dalam sambutannya, Wakil Walikota Padang, Hendri Septa, menyampaikan bahwa dengan Pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan dapat memberi masukan terhadap rancangan awal RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024, sehingga dokumen yang disusun akan berkualitas dan berdayaguna dan dapat menjawab permasalahan pembangunan untuk direfleksikan setiap tahun pada APBD kota padang. Lebih lanjut, Wakil Walikota Padang ini menyampaikan bahwa Untuk memujudkan  Visi, Misi Pemerintah Kota Padang yang dimplementasikan pencapaiannya dengan menggulirkan Program Prioritas, dan Program Unggulan, maka kinerja pengelolaan keuangan daerah perlu terobosan-terobosan, disamping kita juga membutuhkan peran serta dari semua kalangan dalam rangka  pelaksanaan Program-Program Strategis Kota Padang sampai dengan Tahun 2024. Pada akhir sambutannya, Hendri Septa menyampaikan harapannya kepada semua kita dan terutama Kepala SKPD untuk berperan aktif dan mempunyai inovasi-inovasi yang bisa melahirkan ide-ide cemerlang guna perwujudan Pembangunan Kota Padang, dalam rangka mensejahterakan rakyat, mengurangi kemiskinan dengan menekan angka penganguran.

    Forum yang dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Mei 2018 di Hotel Pangeran Beach ini dihadiri oleh pimpinan DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, seluruh Kepala Perangkat Daerah, tim ahli, BPS, PHRI, Asita, pimpinan BUMD/BUMN, Perusahaan, dan organisasi masyarakat/pemuda.

    Dalam sesi diskusi, ada beberapa masukan yang disampaikan peserta forum, diantaranya dari DP3AP2KB yang meminta agar indikator indeks pembangunan gender (IPG) dimasukan dalam indikator kinerja RPJMD. Dari Kadin diusulkan agar dilakukan penataan wilayah pesisir yang terintegrasi, baik dari segi sarana prasarana, ekonomi, tata ruang dan pengendalian banjir. Dari perwakilan Kabupaten Pesisi Selatan mengharapkan adanya sinergisitas antara Pemko Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan dalam pengembangan kawasan Mandeh.